16 September 2020   07:36 WIB

SIARAN RADIO “WASPADA VIRUS CORONA”

DINKES    Berita
SIARAN RADIO “WASPADA VIRUS CORONA”

SIARAN RADIO “WASPADA VIRUS CORONA”

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan / dialog interaktif di Radio LPPL Gagak Rimang Blora dengan tema “Waspada Virus Corona”. Tema kali ini disampaikan oleh narasumber dari Seksi Surveilans dan Imunisasi, Puspaningdyah Ekawati, SKM.

Puspaningdyah menjelaskan Novel Corona virus (2019-nCoV) adalah virus baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia, merupakan penyebab penyakit saluran pernafasan.  Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Dalam tema ini disampaikan juga tentang gejala umum Covid-19 berupa demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, letih, lesu dan sesak napas. Jika ada orang dengan gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke China (terutama Wuhan), atau pernah merawat/kontak dengan penderita 2019-nCoV, maka status dari orang tersebut adalah pasien dalam pengawasan (suspect) dan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Untuk pencegahan virus corona ini bisa dilakukan dengan sering cuci tangan pakai sabun, tutup dengan tisu bila batuk atau bersin dan buang tisu di tempat sampah, hindari kontak langsung dengan penderita, cuci tangan sebelum menyentuh mata, hidung dan mulut, jangan mengkonsumsi daging yang belum dimasak, konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah (untuk meningkatkan kekebalan tubuh), rajin olahraga dan istirahat yang cukup, dan bila sakit demam, batuk, pilek serta sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pesan untuk masyarakat Kabupaten Blora agar tidak perlu resah dan khawatir yang berlebihan. Tetapi karena penularannya yang sangat cepat mohon untuk masyarakat agar tetap waspada.  Bila ada tetangga atau saudara yang berasal dari luar negeri, khususnya yang berasal dari negara-negara yang sudah terinfeksi maka harap segera melaporkan ke Dinas Kabupaten Blora atau Puskesmas terdekat.  Karena masa inkubasi virus ini adalah sampai dengan 14 hari maka tidak menutup kemungkinan bahwa pada saat ini belum menunjukkan tanda-tanda atau gejala.  Tugas kami di Dinas Kesehatan dan Puskesmas adalah memantau apakah ada gejala-gejala yang timbul selama 14 hari tersebut. Dan kepada masyarakat agar tidak menyebarkan berita/hoaks yang akan menimbulkan keresahan di masyarakat.


Info