02 Juli 2020   12:56 WIB

PERTEMUAN FORUM KOMUNIKASI GERMAS (FORKOM GERMAS) Sie Promkesda DKK Blora

DINKES    Berita
PERTEMUAN FORUM KOMUNIKASI GERMAS (FORKOM GERMAS) Sie Promkesda DKK Blora

PERTEMUAN FORUM KOMUNIKASI GERMAS (FORKOM GERMAS) Sie Promkesda DKK Blora

 

PERTEMUAN FORUM KOMUNIKASI GERMAS (FORKOM GERMAS)

Sie Promkesda DKK Blora

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melaksanakan kegiatan Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Forkom GERMAS) melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan. Pertemuan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Lilik Hernanto, SKM, M.Kes. Kegiatan Forkom GERMAS ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sudah diterapkan.

“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat itu mengajak masyarakat untuk berperilaku CERDIK”, ucap Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Lilik Hernanto. Perilaku CERDIK ini bisa diterapkan melalui Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM), tambahnya. Dengan slogan CERDIK yaitu C=Cek kesehatan secara rutin, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktivitas fisik, D=Diet seimbang, I=Istirahat cukup, K=Kelola stress.

Di masa pandemi Covid-19 ini, perilaku CERDIK juga bisa sebagai upaya pencegahan Covid-19. Pada pertemuan ini juga Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Diah Pusparini menyampaikan tentang GERMAS di masa pandemi Covid-19 dan di era new normal di semua tatanan.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Dinkes Blora Nanik Sri Mulyaningsih, SKM, M.Si. mengemukakan pertemuan itu pertama kali dilaksanakan di era new normal, untuk memberikan contoh bahwa dengan hidup sehat, tetap membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, pakai masker dan jaga jarak untuk menekan angka Covid-19. Selain itu disampaikan juga tugas dan peranan OPD dalam mendukung kegiatan GERMAS agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Blora sudah ada sejak tahun 2018. Pertemuan Forkom GERMAS ini mengundang sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi masyarakat karena kegiatan GERMAS merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Diharapkan semua OPD dan ormas yang ada di lingkungan Kabupaten Blora selalu menerapkan perilaku GERMAS di kehidupan sehari-hari dan bisa menyebarluaskan ke masyarakat di sekitarnya.

 

 


Info