22 Juni 2022   07:04 WIB

Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas

DINKES    Berita
Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas

Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas

Bertempat di Ruang Pertemuan Sebara Resto, seksi Pelayanan Kesehatan melaksanakan Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas. Acara diawali sambutan oleh drg.Wilys Yuniarti, MM selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Blora. Beliau berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh perwakilan UPTD Puskesmas dalam menyerap ilmu dan informasi serta memenuhi beberapa kriteria penilaian dalam akreditasi.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Surveyor Akreditasi Provinsi Jawa Tengah dr. Markus Dwi Agus, beliau memaparkan tentang standarisasi pelayanan dasar Puskesmas di Kabupaten Blora yang harus dipenuhi kepada masyarakat agar tercapai Kepuasan Masyarakat.Dicontohkan dengan kejadian di daerah lain ketika ada masyarakat datang tetapi sama sekali tidak dilayani dengan baik atau tidak dilayani sama sekali. Hal ini akan mempengaruhi kualitas pelayanan kedepan dan menimbulkan stigma buruk oleh masyarakat jika tidak segera ada standar yang baik dan inovasi pelayanan. 

Sementara itu dr. Henny Indriyanti, M.Kes.selaku narasumber memberikan informasi tentang pentingnya tertib administrasi dalam keorganisasian. Untuk UPTD Puskesmas sendiri pentingnya pencatatan mutasi obat dan barang enjadi salah satu tolak ukur dalam akreditasi. Dengan pengalamannya menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora beliau juga mencontohkan beberapa Puskesmas yang bagus dalam menjalankan administrasinya dan juga yang belum. Beliau berharap UPTD Puskesmas bisa saling komunikasi dan tukar pikiran/sharing jika ada percontohan Puskesmas yang bagus dalam ketertiban administrasi.

Rencananya kegiatan workshop ini diadakan sampai Hari Kamis tanggal 23 Juni dengan pembagian kloter Puskesmas se-Blora karena keterbatasan ruangan. Dan puncaknya adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan puskesmas di Kabupaten Blora.


Info