31 Mei 2022   06:44 WIB

Pertemuan Petugas Pangan Jajan Anak Sekolah Dinas Kesehatan Kabupaten Blora

DINKES    Berita
Pertemuan Petugas Pangan Jajan Anak Sekolah Dinas Kesehatan Kabupaten Blora

Pertemuan Petugas Pangan Jajan Anak Sekolah Dinas Kesehatan Kabupaten Blora

Pada hari Rabu, 25 Mei 2022 telah dilaksanakan pertemuan petugas UPTD Puskesmas se-Kabupaten Blora yang menangani Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) .
Pertemuan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Blora drg. Wilys Yuniarti, MM kemudian dilanjutkan materi teknis yang diwakili sub-Koordinator Farmalkes Perbekes Siti Mahfullah, SKM.
Bahwa Edukasi Keamanan Pangan di sekolah sangat penting, karena anak sekolah sebagai konsumen utama PJAS adalah aset bangsa Indonesia yang akan menjadi penerus kita di masa mendatang. Oleh karena itu mereka harus memperoleh asupan pangan yang aman, bermutu dan bergizi dalam rangka pertumbuhan & perkembangan anak-anak kita.

Kegiatan ini didasari beberapa temuan pangan berbahaya di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora yang mengandung Rhodamin dan pewarna lainnya yang berbahaya. Dengan pertemuan ini diharapkan petugas PJAS Puskesmas bisa memberikan edukasi keamanan pangan kepada warga Kabupaten Blora. Salah satu upaya sehingga masyarakat khususnya komunitas sekolah bisa memahami dan menerapkan perilaku keamanan pangan secara konsisten. Selain itu tindakan preventif dari keluarga yang merupakan lingkungan pertama bagi anak sangatlah penting melalui edukasi-edukasi dan pengenalan tentang berbagai makanan yang berbahaya bagi tubuh. Diharapkan anak-anak bisa mengkonsumsi pangan yang sehat, yang alami serta mengetahui kadar gizi dalam komposisi suatu pangan.


Info