25 Mei 2022   21:29 WIB

Sosialisasi Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya serta Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

DINKES    Berita
Sosialisasi Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya serta Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

Sosialisasi Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya serta Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

Bertempat di Ruang Pertemuan Setda Blora Selasa 24 Mei 2022 telah dilaksanakan Pertemuan Evaluasi Perkembangan Covid-19 , Capaian Vaksinasi Covid-19, Sosialisasi Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya serta Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Bapak Hariyanto, S.IP.,M.Si. Kegiatan pertemuan tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Blora, perwakilan OPD terkait, Camat se-Kabupaten Blora serta lintas sektor yang terkait.
Materi terkait Perkembangan Covid-19 , Capaian Vaksinasi Covid-19,dan Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Blora, Bapak Edi Widayat, S.Pd.,M.Kes.,MH. Berdasarkan info monitoring data Covid-19 terdapat 2 pasien positif Covid-19 yang tengah isolasi mandiri, dan tengah dipantau perkembangan kesehatannya oleh Puskesmas setempat. Progress capaian vaksinasi pun terus digenjot, dan Alkhamdulillah khusus untuk vaksinasi Covid-19 anak 6-11 tahun sudah mencapai 80% lebih, terangnya." Memang masih ada beberapa hambatan untuk stok vaksin booster dari Dinas Kesehatan Provinsi, sehingga capaian booster kita memang masih dibawah 20% tetapi akan terus kami usahakan dan meningkatkan koordinasi lintas sektor untuk pencapaian booster yang lebih banyak lagi agar warga Kabupaten Blora lebih sehat", lanjut Edi.

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora pun siap untuk mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang merupakan program pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubella dan pemberian imunisasi pada anak yang belum mendapat paket vaksinasi dasar lengkap. Menurut rencana kegiatan BIAN akan dilaksanakan per bulan Agustus 2022 dengan tempat pelaksanaan seluruh UPTD Puskesmas se-Kabupaten Blora, sekolah-sekolah dan Pos Imunisasi lainnya. Bapak Edi Widayat mengharapkan kepada seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Blora untuk bisa mensukseskan kegiatan ini, karena sejatinya program Imunisasi anak ini sempat terhenti di masa Pandemi. Tidak lupa lanjutnya beliau memberi arahan, apresiasi dan semangat kepada para tenaga kesehatan untuk tetap standby dan siap dalam kondisi apapun untuk mewujudkan Kabupaten Blora yang lebih sehat dan menjadi pelayan masyarakat terdepan dalam bidang kesehatan.

Kemudian materi tentang Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya disampaikan oleh dokter spesialis anak dari RSUD dr R Soetijono Blora, dr. Ivan Veriswan, sp.A. Beliau mengharap masyarakat Blora untuk tetap tenang karena penyakit ini relatif bisa dikendalikan dan belum ada kasus di Blora. Dengan menjaga kebersihan,tidak berbagi alat makan dan asupan makanan bergizi setiap hari bisa mencegah penyakit hepatitis akut ini. Jika ada warga yang mengalami gejala sakit perut, diare, muntah atau yang lebih berat mata menjadi menguning segera ke layanan kesehatan terdekat untuk segera ditangani, tuturnya.


Info