29 Maret 2022   18:09 WIB

Blora Zona Kuning Covid-19, Capaian Vaksinasi Terus Digenjot Dengan Berbagai Inovasi

DINKES    Berita
Blora Zona Kuning Covid-19, Capaian Vaksinasi Terus Digenjot Dengan Berbagai Inovasi

Blora Zona Kuning Covid-19, Capaian Vaksinasi Terus Digenjot Dengan Berbagai Inovasi

Sebanyak 16 Kecamatan di Kabupaten Blora berkategori zona risiko rendah Covid-19. Dengan demikian, berdasarkan peta zonasi risiko Covid-19 update Selasa (29/3/2022) Kabupaten Blora berada pada zona kuning risiko Covid-19.

Meski demikian ada kasus aktif yang tersebar di sejumlah kecamatan. Yaitu kecamatan Blora 2 kasus, Jepon 3, Tunjungan 1, Kunduran 1, Todanan 1 kasus, Sambong 1, Kedungtuban 5, Randublatung 4, Jati 3, dan Kradenan 3 kasus. Sehingga total 30 kasus.

Sementara itu berdasarkan monitoring data Covid-19, Selasa (29/3/2022) kasus Covid-19 positif 14.484. Sembuh 13.425. Covid-19 positif dirawat 4. Isolasi mandiri 26. Meninggal 1.029. Pemeriksaan swab 90.037.

Sedangkan sasaran vaksinasi 715.441. Total vaksinasi Dosis I, 652.253 (91,2 %). Dosis II, 561.079 (78,4 %). Dosis III, 41.592 (5,8 %).

Kepala Dinkes Blora Edi Widayat S.Pd, M.Kes, M.H menegaskan kepada warga masyarakat supaya tetap tidak mengabaikan protokol kesehatan. Selain itu menargetkan 100 persen capaian vaksinasi.

Hingga saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Blora, menurutnya, masih ada perbedaan yang besar antara dosis pertama, kedua dan ketiga (booster).

“Patuh protokol kesehatan itu harus tetap dijalankan. Untuk vaksinasi targetnya tetap 100 %,” ucapnya, Selasa (29/3/2022).

Pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat, bagi yang belum vaksin dosis I dan II, supaya ikut vaksinasi. Tidak terkecuali untuk dosis III.

Oleh karena itu, Pemkab Blora menempuh berbagai cara. Salah satunya melalui gerakan vaksinasi berhadiah sepeda motor yang kembali diluncurkan, pada Kamis (24/3/2022) sore di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Peluncuran ditandai dengan pembukaan kain penutup motor oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., didampingi Kapolres AKBP Aan Hardiansyah, SH., MH., Kepala Dinas Kesehatan, Edi Widayat, S.Pd., M.Kes., MH., dan perwakilan dari PT. Yahama Indonesia.

Bupati Arief dalam sambutannya di depan seluruh Camat, para Kepala Puskesmas dan jajaran Polres Blora hingga perwakilan Praja Blora, menyampaikan agar program ini bisa disosialisasikan seluas-luasnya kepada masyarakat Kabupaten Blora.

“Capaian vaksinasi terus kita genjot dengan berbagai inovasi, salah satunya dengan undian berhadiah motor ini. Tolong dikabarkan kepada seluruh masyarakat. Yang vaksinnya belum lengkap, baik dosis kedua atau booster, bahkan yang belum vaksin sama sekali. Agar bisa ikut program vaksinasi berhadiah motor ini,” ucap Bupati.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan bersama Yamaha yang telah mendukung pelaksanaan program percepatan vaksinasi dengan hadiah motor ini.

“Terimakasih Dinkes atas terobosannya bersama Yamaha. Tujuannya tidak lain agar seluruh masyarakat Blora bisa memiliki sistem imunitas yang baik. Sehingga kita bisa segera terbebas dari pandemic, menjadi endemic,” tambah Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat menjelaskan bahwa undian ini berlaku mulai Jumat (25/3/2022) di seluruh fasilitas kesehatan se Kabupaten Blora.

Untuk periode kedua ini, menurutnya pengundian akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.

“Sebelumnya untuk periode satu telah diundi dan motornya diperoleh oleh warga Desa Sendang, Kecamatan Todanan. Kini kita buka periode kedua yang InshaAllah akan diundi setelah Lebaran. Ayo ikut vaksin,” sambung Edi Widayat.


Info