22 Maret 2022   17:45 WIB

Puluhan Siswa SMAN 1 Blora Ikuti Penyuluhan GERMAS

DINKES    Berita
Puluhan Siswa SMAN 1 Blora Ikuti Penyuluhan GERMAS

Puluhan Siswa SMAN 1 Blora Ikuti Penyuluhan GERMAS

Puluhan siswa SMAN 1 Blora kelas X dan XI mengikuti penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di aula sekolah setempat, Selasa (22/3/2022). Penyuluhan Germas diselenggarakan bekerja sama dengan UPTD Puskemas Blora. Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Blora Dra. Yuni Ni'wati, M.PD.

“Kami harapkan, anak-anak mengikuti dengan baik penyuluhan GERMAS ini. Kalau tidak tahu atau kurang paham silahkan ditanyakan,” kata Dra. Yuni Ni'wati, M.PD.

Menurutnya, GERMAS merupakan sebuah program yang telah dijalankan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas masyarakat untuk memulai hidup sehat, sehingga peran anak muda terutama pelajar merupakan agen perubahan yang memiliki kemampuan serta kompetensi yang sesuai dalam meningkatkan gerakan masyarakat.

Pada penyuluhan itu, sejumlah paparan materi disampaikan dari narasumber UPTD Puskesmas Blora, Dinas Kesehatan Blora, yaitu tentang Germas, Anemia dan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Nanik Sri Mulyaningsih, S.KM., M.Si, selaku Sub Koordinator Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dalam paparanya menyampaikan bahwa Germas bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kesehatan saja, melainkan seluruh masyarakat termasuk para pemuda atau pelajar.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa.

“Hal itu sebagaimana misi pertama Pemkab Blora, yaitu Membangun sumberdaya manusia yang berkualitas, berdaya saing dan berkarakter,” ucapnya.

Menurut Nanik, yang dikatakan sehat, yaitu dalam keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

“Hal itu dipengaruhi lingkungan, genetik keturunan, pelayanan kesehatan serta perilaku individu dan masyarakat,” jelasnya.

Secara umum GERMAS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Sementara itu, Vera, salah satu siswa SMAN 1 Blora mengaku senang mengikuti penyuluhan GERMAS.

“Senang sekali beisa mengikuti penyuluhan GERMAS di sekolah. Saya sendiri jadi tahu bagaimana peran pelajar dalam ikut berperilaku hidup sehat,” ucapnya.


Info