16 Maret 2022   20:12 WIB

Live Talkshow bersama LPPL Radio Gagak Rimang

Live Talkshow bersama LPPL Radio Gagak Rimang

Live Talkshow bersama LPPL Radio Gagak Rimang

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui Seksi Promkesda dan UPTD Puskesmas Tunjungan melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan / dialog interaktif di Radio LPPL Gagak Rimang Blora. Tema yang disampaikan tentang “Pemberian Makan Pada Anak Dan Balita Yang Tepat Untuk Generasi Gemilang” dengan narasumber Farida Rahmawati, S.Gz.
Seribu hari pertama kehidupan merupakan masa awal proses kehidupan manusia yang dimulai sejak masa kehamilan , masa bayi hingga anak berusia 2 tahun. Untuk mencapai hal tersebut Strategi nasional Peningkatan Pemberian ASI dan MPASI merekomendasikan pemberian makanan yang baik dan tepat bagi bayi dan anak usia 0-24 bulan. World Health Organization dalam Resolusi World Health Assembly nomor 55.25 tahun 2002 tentang Global Strategy of Infant And Young Child Feeding melaporkan bahwa 60% kematian balita langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh kurang gizi dan 2/3 kematian tersebut terkait dengan praktik pemberian makan yang kurang tepat pada bayi dan anak.
Saat bayi berusia 0-6 bulan. Untuk itu, bayi memerlukan gizi optimal. Satu-satunya makanan yang paling sempurna untuk bayi usia 0-6 adalah air susu ibu . Untuk itu bayi usia 0-6 bulan perlu diberikan ASI Eksklusif, atau ASI saja tanpa penambahan makanan atau minuman lain hingga bayi berusia 6 bulan.
Selama hamil, ibu perlu menambah makan dengan porsi satu kali atau makan makanan selingan setiap hari untuk mendapatkan kecukupan energy dan gizi untuk ibu dan bayi yang dikandungnya. Selama ibu menyusui, ibu perlu menambah makan dengan porsi kecil atau makan makanan selingan dua kali setiap hari untuk mendapatkan energy dan gizi bagi ibu, dan bayi yang disusuinya. Minum Vitamin A segera setelah melahirkan atau dalam kurun waktu 6 minggu, sehingga bayi bisa mendapatkan vitamin A melalui ASI untuk mencegah penyakit.


Info