01 Maret 2022   08:48 WIB

Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan

DINKES    Berita
Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan

Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan

Seksi Farmalkes & Perbelkes Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Telah melaksanakan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan. Salah  satu  prasyarat  dasar  pangan,  adalah  keamanan pangan.  Sesuai dengan  UU No.  18/2012; "keamanan pangan  adalah  kondisi  dan  upaya  yang  diperlukan untuk  mencegah  pangan  dari  kemungkinan cemaran  biologis,  kimia,  dan  benda  lain  yang  dapat mengganggu,  merugikan,  dan  membahayakan  kesehatan manusia  serta  tidak  bertentangan  dengan  agama, keyakinan,  dan  budaya  masyarakat  sehingga  aman untuk  dikonsumsi".
Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Keamanan Pangan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih pangan yang aman serta kemasan yang aman untuk pangan.
Kegiatan KIE Keamanan Pangan dilaksanakan selama 3 hari di Resto Sebara Blora, tanggal 15 ,16, 17 Februari 2022 dengan peserta 300 orang dari Kader PKK / Kader Posyandu desa locus stunting di Kabupaten Blora. Dalam sambutannya, Kepala Bidang  Sumber Daya Kesehatan, Prihartanto,ST menyampaikan bahwa makanan merupakan kebutuhan yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan dasar, sejatinya makanan juga menjadi penentu kualitas kehidupan manusia. Beberapa masalah (penyakit) berawal dari perut, maksudnya makanan minuman yang kita konsumsi. Makanan dan minuman yang dikonsumsi tentunya perlu dikelola dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan/penyakit akibat dari makanan atau yang dikenal dengan istilah foodborne disease. Terkait hal tersebut diperlukan suatu program yang konsisten dan berkesinambungan sehingga pangan yang aman, bermutu, dan bergizi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.


Info