01 November 2021   10:16 WIB

TETAP SEHAT DI MASA PENDEMI DENGAN GERMAS

DINKES    Berita
TETAP SEHAT DI MASA PENDEMI DENGAN GERMAS

TETAP SEHAT DI MASA PENDEMI DENGAN GERMAS

Virus COVID-19 sudah mewabah di seluruh dunia sejak awal tahun 2020 lalu. Dengan kasus pertama yang ditemukan di kota wuhan China, pada akhir tahun 2019 silam. Sedangkan kasus pertama di Indonesia terdeteksi pada maret 2020. Virus COVID-19 telah diteliti dan terbukti menyerang sistem pernapasan manusia, dalam hal ini merusak organ paru-paru, dan telah banyak sekali menelan korban jiwa.

Walaupun saat ini sudah ditemukan pengobatan secara medis dengan obat-obatan, Menkes berpendapat bahwa, yang perlu disadari benar adalah pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri karena pencegahan dari virus covid-19 adalah yang paling baik dan murah, yaitu dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat meningkatkan kualitas hidup. Kegiatan GERMAS tidak hanya dapat mencegah penyakit tidak menular, akan tetapi perilaku GERMAS juga dapat mencegah penyakit menular, termasuk mencegah dari virus COVID-19. Adapun kegiatan GERMAS yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan dan menjaga diri dari Virus COVID-19 adalah sebagai berikut :

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika dalam keadaan tidak tersedia air, maka dapat menggunakan hand sanitizer hanya dalam keadaan mendesak. Penggunaan hand sanitizer sebaiknya diselingi dengan mencuci tangan menggunakan sabun, dengan perbandingan, setelah 5x pemakaian hand sanitizer, harus diselingi dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Makan dengan gizi seimbang, dengan menerapkan pola makan dalam isi piringku, yang terdiri dari 1/3 bagian piring diisi dengan makanan pokok. Dapat berupa nasi, gandum, roti, oat meal dan lain sebagainya. 1/3 bagian piring diisi dengan sayur mayur, dan 1/3 bagian piring diisi dengan lauk pauk dan buah-buahan.
  • Rajin berolahraga minimal 30 menit sehari, dan minimal dilakukan 3 kali dalam seminggu. Selama pandemi, dapat melakukan olahraga di dalam ruangan, melakukan peregangan disela-sela bekerja. Serta istirahat yang cukup minimal 7 jam sehari.
  • Menjaga kebersihan lingkungan, dengan menyapu serta mengepel lantai, membuang sampah di tempat sampah, dan lain sebagainya.
  • Tidak merokok untuk menjaga kesehatan paru-paru. Karena, rokok memiliki banyak zat-zat berbahaya seperti nikotin, tar, dan lain-lain yang dapat merusak paru-paru dan organ lain di dalam tubuh. Sedangkan, berdasarkan penelitian, virus SARS COV-2, yaitu virus penyebab COVID-19 menyerang organ paru-paru, sehingga perokok yang terpapar COVID-19, dapat menyebabkan gejala berat hingga dapat menyebabkan kematian.
  • Meminum air putih 8 gelas sehari, untuk mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, dan juga berfungsi untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh.
  • Makan makanan yang dimasak dengan sempurna guna menghindari dari kontaminasi bakteri pada makanan dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan, agar terhindar dari penularan virus COVID-19 dari makanan yang dimakan.
  • Bila muncul gejala COVID-19, seperti demam, sesak napas, batuk, flu, kehilangan kepekaan indra penciuman atau kehilangan kepekaan indra perasa, segera ke fasilitas kesehatan terdekat, agar dapat segera mendapat pertolongan medis.
  • Menggunakan masker ketika keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain, untuk mencegah terpaparnya COVID-19 melalui droplet penderita COVID-19, ketika berbicara, batuk, maupun saat bersin.
  • Melakukan vaksinasi COVID-19, guna mencegah keparahan gejala penderita COVID-19. Vaksin COVID-19 tersebut bisa didapat di fasilitas kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau sentra vaksinasi yang terdapat di wilayah domisili.
  • Jangan lupa berdoa agar terhindar dari tertularnya virus COVID-19 dan berdoa agar pandemi cepat berakhir.

Para ahli berpendapat bahwa COVID-19 ini tidak akan hilang dari muka bumi ini, oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk menigkatkan imun tubuh kita, selain dengan mengikuti program vaksinasi, kita juga harus tetap menjaga protokol kesehatan, serta melakukan kegiatan-kegiatan GERMAS seperti yang sudah diuraikan di atas. Dengan harapan, kita dapat hidup berdampingan dengan COVID-19 dan virus tersebut tidak lagi menjadi pandemi yang menyeramkan bagi kita semua.

Mari, kita sama-sama terapkan GERMAS, agar kita dapat hidup sehat, bugar dan produktif.


Info