14 September 2021   09:02 WIB

DIALOG INTERAKTIF PENYULUHAN KESEHATAN di LPPL GAGAK RIMANG BLORA

DINKES    Berita
DIALOG INTERAKTIF  PENYULUHAN KESEHATAN di LPPL GAGAK RIMANG BLORA

DIALOG INTERAKTIF PENYULUHAN KESEHATAN di LPPL GAGAK RIMANG BLORA

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan melaksanakan kegiatan dialog interaktif / penyuluhan kesehatan di Radio LPPL Gagak Rimang Blora. Tema yang disampaikan yaitu “Tingkatkan Pencegahan Covid-19 dengan Protokol Kesehatan” dengan narasumber dari Sie Promkesda, Devita Riatika Nizarofah, SKM. Dijelaskan bahwa untuk mengalahkan penyebaran dan penularan virus corona di dunia tidak mudah. Beragam upaya terus dilakukan para ahli dan penduduk global demi mengakhiri ancaman virus yang terus menyerang bertubi-tubi. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, pemerintah membuat pendoman dan protokol kesehatan untuk menghadapi virus Covid-19.

Di Negara Indonesia saat ini dikenal dengan istilah Protokol Kesehatan 7 M. Protokol Kesehatan 7 M ini meliputi memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Dijelaskan bahwa M yang pertama adalah memakai masker. Saat ini direkomendasikan untuk pemakaian masker dobel tapi dengan syarat tidak mengganggu ketika kita bernafas. Penggunaan masker yang baik dan benar yaitu menggunakan masker medis terlebih dahulu dengan menutup dagu, mulut, dan hidung kemudian dilapisi dengan masker kain.

M yang kedua adalah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Terdapat langkah-langkah CTPS menurut WHO yang bisa disingkat dengan TEPUNG LABU IBUKU (Telapak tangan, Punggung tangan, Sela-sela jari, Buku-buku jari, Ibu jari, dan Kunci). Untuk hasil yang maksimal, kita disarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik beberapa kali sehari. Untuk membunuh virus dan kuman-kuman lainnya, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya dengan kadar 60 persen.

M yang ketiga adalah menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. M yang keempat yaitu menghindari kerumunan. Sebisa mungkin jika terdapat kerumunan, lebih baik menghindar saja karena kita tidak tahu masih banyak OTG yang ada di luaran. M yang kelima adalah Mengurangi mobilitas yang juga merupakan prokes penting untuk selalu dijalankan. Jika tidak ada keperluan yang mendesak lebih baik tetap di rumah saja untuk memutus rantai penularan Covid-19.

M yang keenam adalah menghindari makan bersama. Karena dengan makan bersama, maka perpindahan droplets dari orang satu dengan yang lainnya sangat rawan terjadi ketika membuka masker saat makan. Hindari makan bersama demi kesehatan diri sendiri dan orang lain. M yang ketujuh dan yang tidak kalah pentingnya adalah Melaksanakan Vaksinasi Covid-19 yang sudah digencarkan oleh pemerintah. Cara yang paling ampuh untuk menyikapi varian-varian baru virus Corona adalah dengan menggunakan 2 perisai, yakni vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Yuk, terapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona di Indonesia. Selain itu, jangan lupa untuk selalu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi COVID-19.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                 

 

 

 


Info