24 Agustus 2021   14:55 WIB

DIALOG INTERAKTIF ATAU PENYULUHAN KESEHATAN di LPPL GAGAK RIMANG BLORA

DINKES    Berita
DIALOG INTERAKTIF ATAU PENYULUHAN KESEHATAN di LPPL GAGAK RIMANG BLORA

DIALOG INTERAKTIF ATAU PENYULUHAN KESEHATAN di LPPL GAGAK RIMANG BLORA

Pelaksanaan : Rabu, 4 Agustus 2021  di LPPL Gagak Rimang

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui Seksi Promkesda dan UPTD Puskesmas Kedungtuban melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan / dialog interaktif di Radio LPPL Gagak Rimang Blora. Tema yang disampaikan tentang “Menjadi Agen No-Hoax Demi Keberhasilan Penanganan dan Pencegahan Covid-19” dengan narasumber Kuwara Adyanti, SKM.

Kita telah menjalani kehidupan di masa Pandemi ini hampir 1,5 Tahun dengan segala keterbatasan. Keterbatasan tersebut adalah berupa tatanan baru yang sebelumnya kita belum pernah menjalaninya. Misalnya; Pergi kondangan (buwoh;dalam bahasa Blora) harus menggunakan masker, terlebih kita semua juga membutuhkan waktu untuk menjadi terbiasa.

“Kejenuhan” pasti kita alami dengan menjalani tatanan baru tersebut. Dalam berjalannya pandemi ini muncullah vaksinasi atau imunisasi covid-19. Karena penyakit ini baru tentu banyak hal yang kita tempuh supaya dapat mencegah terinfeksi oleh virus corona/covid-19. Tentu  di dalam masyarakat akan muncul setuju dan tidak setuju, pro dan kontra karena memang semua ini adalah baru untuk kita semua. Namun itu semua adalah opini atau pendapat, mulai dari Protokol Kesehatan (PROKES) dan vaksinasi harus kita jalani demi upaya semua sehat dan selamat.

Semua orang, masyarakat mengetahui istilah Prokes, namun pelaksanaannya masih menjadi PR kita semua juga. Kenapa kita semua? Karena kita membutuhkan agen no-hoax. Agen yang mana jika ada seseorang yang tidak melaksanakan Prokes (menggunakan masker dengan benar, Cuci Tangan Pakai Sabun, jaga jarak, tidak berkurumun dan mengurangi mobilitas) itu hendaknya atau malah mungkin harusnya kita ingatkan dan mari kita menjadi agen yang tidak menyebarkan berita-berita yang kebenarannya belum terbukti.

Setiap individu hendaknya cerdas dalam hal ini. Ambilah atau kutiplah berita atau penjelasan dari sumber berita terpecaya yang dapat diakses misalnya pada website:

https://covid19.go.id (google),

lawancovid19_id (instagram),

kawalcovid19.id (instagram dari inisiatif sukarela netizen),

Nah untuk kawalcovid19.id ini dapat disebut sebagai agen no-hoax juga (di Instagram), karena sangat membantu dalam hal memberikan informasi yang tepat untuk masyarakat di dunia digital (netizen). Atau website lain yang redaksinya jelas atau milik pemerintah yang juga memberikan informasi mengenai Covid-19.

 

Selain website di atas, masyarakat juga bisa mengecek hoaks atau fakta dengan  menghubungi Chatbot WhatsApp Liputan6.com di 0811-9787-670. Liputan6.com meluncurkan layanan Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta pada Senin, 21 Juni 2021. Tujuannya, untuk melawan misinformasi dan disinformasi yang kian masif menyebar di masyarakat, baik di ruang digital maupun dunia nyata.

Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta diluncurkan di tengah wabah COVID-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan reda. Kasus positif di Indonesia bahkan sudah tembus 2 juta. Dan ketika pandemi diikuti ‘infodemik’, menyajikan informasi yang benar bisa jadi mencegah bahaya bagi banyak orang. Layanan chatbot diharapkan akan menghubungkan jutaan pengguna WhatsApp dengan informasi anti-hoaks yang diproduksi tim Cek Fakta Liputan6.com.

Berikut cara mengakses Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta:

  1. Klik tautan   https://wa.me/628119787670?text=halo  
  2. Untuk layanan cek fakta, ketik kata kunci terkait informasi yang ingin diperiksa.

Pengguna cukup menulis kemudian mengirimkan kata kunci, dan seketika akan mendapat jawaban dari informasi yang telah ada di database Liputan6.com.

 

 

 

 


Info