04 Maret 2021   06:48 WIB

“Penanganan dan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blora”

DINKES    Berita
“Penanganan dan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blora”

“Penanganan dan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blora”

Pelaksanaan : Rabu, 3 Maret 2021  di LPPL Gagak Rimang

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui Seksi Surveilans dan Imunisasi melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan / dialog interaktif di Radio LPPL Gagak Rimang Blora. Tema yang disampaikan tentang “Penanganan dan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blora”. Handoko, SST, MKM sebagai narasumber menjelaskan meskipun sudah diberikan vaksin, protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas)  harus tetap dijalankan. Pemerintah juga menjalankan 3T (Tracing, Tracing, Treatment). Tujuan diberikannya vaksinasi Covid-19 ini selain untuk kekebalan individu juga untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok), menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

Perlu disampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena Vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia halal, efektif, dan aman. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dimulai awal tahun 2021 secara bertahap dengan mempertimbangkan  kajian epidemiologi,  ketersediaan vaksin  Covid-19 dan sarana pendukung lainnya. Tempat pelaksanaan vaksinasi di fasilitas pelayanan yang sudah ditentukan yaitu puskesmas, puskesmas pembantu, rumah sakit dan fasilitas pelayanan yang memberikan pelayanan imunisasi Covid-19.  

Setiap sasaran akan mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 dari jenis vaksin yang sama, sesuai dengan waktu pemberian (hari ke-) yang sudah ditentukan. Untuk kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui akan dilakukan anamnesa tambahan terlebih dahulu (screening awal) sebelum menerima vaksin Covid-19.

 


Info