17 September 2020   10:46 WIB

Pertemuan Ormas dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan

DINKES    Berita
Pertemuan Ormas dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan

Pertemuan Ormas dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui Seksi Promkesda mengadakan kegiatan Pertemuan Ormas dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan yang bertempat di Resto D’Joglo Jln. Jenderal Sudirman No.6, Bangkle, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora. Dalam pertemuan ini mengundang sejumlah Ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Dalam melaksanakan pertemuan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Sebelum peserta memasuki ruangan, ada pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

Kabid Kesmas, dr. Diah Pusparini, MH dalam kesempatan ini menyampaikan Sosialisasi Peraturan Bupati Blora Nomor 55 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. Masyarakat diharapkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Bagi yang melanggar, ada sanksi tersendiri sesuai Perbup baik itu perorangan ataupun untuk pelaku usaha dan penyelenggara acara. Sanksi yang diberikan sudah diatur dalam Perbup Nomor 55 Tahun 2020 ini.

Selanjutnya, materi tentang Pemberdayaan dalam Promosi Kesehatan dan GERMAS disampaikan oleh Eny Retno Ika Mahiastuti, S.Kep. Ns. Ormas, tokoh, agama, tokoh masyarakat diharapkan menjadi kekuatan tersendiri dalam masyarakat untuk menggerakkan dalam bidang pemberdayaan khususnya di kesehatan. 

Kasie Promkesda Dinkes Blora, Nanik Sri Mulyaningsih, SKM, M.Si. menyampaikan tentang Penyelenggaraan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan. Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan merupakan sasaran utama dari promosi kesehatan. Masyarakat atau komunitas merupakan salah satu dari strategi global promosi kesehatan sehingga pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat sebagai target utama memiliki kemauan dan kemampuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka. Desa Siaga Aktif juga punya peranan yang sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat. Disampaikan juga tentang Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 agar masyarakat berdaya dan mampu berperan serta mencegah penularan Covid-19.

 

 


Info