A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Creating default object from empty value

Filename: pages/plugin.php

Line Number: 277

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora
UPTD Laboratorium Kesehatan

UPTD Laboratorium Kesehatan

Dalam upaya mewujudkan Laboratorium Kesehatan DInas Kesehatan Kabupaten Blora yang berwawasan mutu dan menerapkan konsep pelayana prima demi kepuasan pelanggan/konsumen dan pemberi jasa/masyarakat, maka dipandang perlu adanya suatu kebijakan dalam meningkatkan peran serta Laboratorium Kesehatan di bidang Pembangunan Kesehatan.

Kedudukan Laboratorium Kesehatan didalam Perda No. 6 Tahun 2001 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Daerah adalah merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah dari Organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blora yang merupakan pusat Pelaksanaan Pengujian dan Pemeriksaan, Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Kesehatan serta Pembinaan Rujukan dari Unit Laboratorium Puskesmas di Kabupaten Blora.

Keberadaan Laboratorium Kesehatan sebagai UPTD Dinas Kesehatan yang berada diwilayah Kabupaten Blora yang berperan dalam Pelayanan Pembangunan Kesehatan sebagai Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) berupa Pencegahan dan Pemberantasan Perkembangan Penyakit, Penyediaan dan Pengelolaan Air Bersih, dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman serta kegiatan lain yang ada di wilayahnya.

Dalam pelaksanaan Otonomi Daerah dan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1267/Menkes/SK/XII/2004 tentang Standar Pelayanan Minimal Laboratorium Kesehatan Kabupaten, bahwa Laboratorium Kesehatan diharapkan mampu melakukan Pemeriksaan Kimia Lingkungan, Toksikologi, Mikrobiologis, serta klinik untuk menunjang diagnosis penyakit sebagai salah satu upaya meningkatkan kesehatan masyarakat maupun perorangan diwilayah kabupaten/kota.

Bahwa Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dalam pelaksanaan kegiatan belum optimal atau belum sesuai standar pelayanan minimal karena kegiatan yang dilaksanakan baru sebagian yaitu Pemeriksaan Kimia dan Bakteriologis Lingkungan, Toksikologi (Narkoba), dan pemeriksaan klinik. Pada tahun-tahun mendatang harapan pemeriksaan makanan dan minuman juga dapat dilaksanakan dengan penambahan sarana dan prasarana secara bertahap.

Sedangkan untuk meningkatkan mutu Laboratorium Kesehatan sudah menjadi aggota untuk Pemantapan Mutu Eksternal yang diuji oleh Laboratorium Kesehatan daerah Provinsi (Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi) dan Regional Balai LaboratoriumKesehatan Surabaya dengan kegiatan Pemeriksaan Sampel Air Kimia Lingkungan, Toksikologi, Mikroskopis (BTA, Kecacingan, Malaria) dan Pemeriksaan Klinik berupa Analisis Urine, dimana pelaksanaannya dilakukan setiap tahun.

  • Comments

    There are no comments

Post a comment