wrapper

Beaking News

Pangan jajanan anak sekolah (PJAS) umumnya merupakan pangan jajanan yang ditemukan di lingkungan sekolah dan menjadi konsumsi harian anak sekolah, seperti es sirup aneka warna, cilok dan sosis goreng yang biasa kita lihat menjadi santapan anak-anak ketika jam istirahat dan pulang sekolah. Namun, keamanan PJAS ini masih rendah dan masih menjadi permasalahan penting.

Anak sekolah mempunyai kebiasaan jajan yang tinggi. Mereka terbiasa menggunakan uang sakunya untuk membeli pangan jajanan di lingkungan sekolah. Kebiasaan jajan ini mempunyai sisi positif karena PJAS mampu membantu memenuhi kebutuhan energi anak sekolah, namun disisi lain banyak PJAS yang tidak memenuhi syarat keamanan. Anak sekolah membutuhkan pangan yang bergizi dan aman untuk mendukung kegiatan belajarnya di sekolah. 

Persyaratan keamanan pangan harus diutamakan sebelum persyaratan yang lain karena jika pangan tidak aman untuk dikonsumsi, baik nilai gizi dan keamanannya, baik itu kebersihan maupun bahan tambahan pangan yang tidak aman, maka tidak lagi bernilai bagi kesehatan anak sekolah. Untuk mewujudkan dan menjamin keamanan pangan jajanan di sekolah Seksi Farmalkes Dinas kesehatan kab. Blora bersama UPT Labkesda dan UPT Puskesmas melakukan Pengawasan dan Pembinaan PJAS di Sekolah Dasar di Wilayah Kabupaten Blora

Kontak Info

Kantor Sekretariat :
Jl. Dr. Sutomo No. 40
Tempelan, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58211

Telepon: (0296) 531127
Email:

 

Media Sosial

 

 

Copyright @ 2018 - Dinkes Blora