PELAKSANAAN KEGIATAN INTERVENSI PIS-PK UPTD PUSKESMAS TUNJUNGAN TAHUN 2019

 

PIS-PK

Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera. Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama Pembangunan Kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015. 

 

Dalam PIS-PK untuk penanda status kesehatan sebuah keluarga. Kedua belas indikator utama tersebut adalah sebagai berikut.

1.     Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB)

2.    Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan

3.    Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap

4.    Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif

5.    Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan

6.    Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar

7.    Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur

8.    Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan

9.    Anggota keluarga tidak ada yang merokok

10. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

11.  Keluarga mempunyai akses sarana air bersih

12. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat

 

Berdasarkan indikator tersebut, dilakukan penghitungan Indeks Keluarga Sehat (IKS) dari setiap keluarga. Sedangkan keadaan masing-masing indikator, mencerminkan kondisi PHBS dari keluarga yang bersangkutan.

 

 

 

Pelaksanaan kunjungan Keluarga Sehat (PIS-PK) sudah dilakukan Puskesmas Tunjungan pada Tahun 2017 sebanyak 1 desa, 9 desa dilakukan di tahun 2018 sedangkan 5 desa yang belum akan diselesaikan pada tahun 2019. Untuk kegiatan tersebut didanai dari dana BOK Puskesmas Tunjungan. Mulai bulan Januari tahun 2019 akan dilakukan Intervensi terhadap pelaksanaan PIS-PK di desa-desa Kec. Tunjungan yang sudah di lakukan kunjungan di tahun 2017 dan tahun 2018.

 

 

 

Kunjungan/pendataan Keluarga Sehat (PIS-PK), pengumpulan data, entri data kemudian analisa data diperoleh hasil Indeks Keluarga Sehat (IKS). Setelah itu ditemukan hasil IKS Sehat, Prasehat, tidak sehat, keluarga dengan masalah-masalah kesehatan, Keluarga dengan IKS tidak sehat kemudian di intervensi lanjut oleh petugas kesehatan puskesmas untuk mengetahui keadaan kesehatannya serta mengintervensi untuk menaikkan strata IKS nya. Kegiatan Intervensi PIS-PK dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan, penyuluhan/konseling kesehatan baik diri maupun lingkungan sesuai masalahnya.