wrapper

Beaking News

PENJARINGAN KESEHATAN ANAK SEKOLAH

 

UPT PUSKESMAS TUNJUNGAN KAB. BLORA, telah melakukan kegiatan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah. Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah merupakan agenda rutin tahunan.  Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah merupakan salah satu dari Upaya Peningkatan Kesehatan dalam bentuk promotif dan prefentif.

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan ( mulai dari rambut, kulit, kuku ), pemeriksaan ketajaman dan kebersihan indra

 ( penglihatan dan pendengaran ), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, Pemeriksaan fisik mulai dari pengukuran TB dan BB, Tekanan Darah, RR dan Denyut Nadi ,dll.

            Kegiatan Penjaringan Kesehatan yang dilakukan di SLTA/ SMA/Sederajat juga meliputi Pemeriksaan kesehatan reproduksi dengan membagikan Kuesioner tentang kesehatan repproduksi yang bertujuan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan reproduksi remaja sehingga dapat dilakukan upaya pencegah terhadap kelainan-kelainan yang dapat mengganggu proses reproduksi mereka.

            Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah dilakukan di semua Sekolah di wilayah kerja UPT Puskesmas Tunjungan yaitu dilaksanakan di 37 Sekolah Dasar yang dilakukan pada bulan Agustus 2018, 9 SLTP/SMP/Sederajat dan 9 SLTA/SMA/Sederajat pada bulan September 2018. Didalam kegiatan penjaringan kesehatan ini petugas dari puskesmas antara lain petugas Promkes, Perawat, Bidan, Petugas gizi, murid sekolah yang menjadi sasaran adalah murid kelas 1 atau peserta didik baru.

 

Tujuan Kegiatan

1.    Melakukan   pemeriksaan  kesehatan   gigi   dan   mulut,   THT,   dan   kesehatan

reproduksi pada siswa untuk mendeteksi dini kelainan pada gigi dan mulut,

THT, dan sistem reproduksi.

2.    Menanamkan kebiasaan hidup sehat dan mendorong siswa untuk ikut serta

dalam   berbagai   usaha   kesehatan   serta   ikut   bertanggung   jawab   atas

kesehatannya sendiri dan lingkungannya.

 

 

 

Manfaat Kegiatan

1. Terdeteksinya kelainan kesehatan pada siswa secara dini terutama dalam hal

     kesehatan  gigi dan mulut,  THT, dan sistem reproduksi.

2. Pencegahan dan  pengobatan terhadap penyakit  gigi  dan mulut, THT, dan

      sistem reproduksi pada siswa.

3. Meningkatnya  kesehatan siswa  sehingga  dapat   tumbuh sehat.

 

Kontak Info

Kantor Sekretariat :
Jl. Dr. Sutomo No. 40
Tempelan, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58211

Telepon: (0296) 531127
Email:

 

Media Sosial

 

 

Copyright @ 2018 - Dinkes Blora